Politik    Sosial    Budaya    Ekonomi    Wisata    Hiburan    Sepakbola    Kuliner    Film   
Home » » cara Edit Video Dengan Ulead Video Studio 11

cara Edit Video Dengan Ulead Video Studio 11

Posted by Cara Belajar Editing Video on Tuesday, November 6, 2012

 Edit Video Dengan Ulead Video Studio 11

LANGAH1

Cara Edit Video Dengan Ulead Video Studio 11
DVtoDVD Wizzard option ini anda pilih jika ingin meng capture dari

handycam (Camcoder) langsung ke dalam bentuk DVD dengan langkah-langkah petunjuk (wizzard) praktis

Movie Wizard Dengan option ini anda bisa mencapture kemudian
membakar dalam bentuk disk dengan mudah tanpa melalui editingyang rumit
Video StudioEditor Untuk edit video secara mandiri dan bebas
sesuka anda. Gunakan pilihan ini untuk mengedit video.

Menu Toolbar, Terdiri dari file menu, edit menu, clip menu dan tool menu. Menu-menu standar seperti open projeck, save projeck, copy paste ada di toolbar ini.
Step Toolbar/Panel, Terdiri dari 7 step atau langkah untuk mencapture dari camera, mengedit dan menbakar dalam bentuk CD/DVD.

Navigation toolbar, Tombol-tombol yang kita gunakan untuk memainkan file movie movie yang sedang kita edit, sebelum memainkan pilih dulu Play Mode, yang akan di mainkan apakah klip atau seluruh video.

Galery, Tumbnail dari file movie, video, efek atau image yang sudah di upload ke galery. Isi dari galeri Dinamis mengikuti panel toolbar yang sedang aktif.
Option, Panel yang berisi option untuk merubah settingan dari film maupun efek. Option bersifat dinamis tergantung panel apa atau step apa yang sedang aktif. Untuk mengeluarkan option dari sebuah objek, aktifkan objek tersebut atau di seleksi.
Cut Clip, Tombol Mark - in, Mark Out, Enlarge, Cut. Untuk menandai awal, akhir, mebesarkan dan
LANGKAH 2

memotongvideo  klip

Overlay Track Manager, perbedaan Ulead Video studio versi 9 dan 11 adalah pada kemampuan track overlay. Jika di versi 9 hanya disediakan satu track overlay sedangkan di versi 11 ini sudah disediakan 6 buah sehingga lebih memberikan kesempatan untuk berkreasi lebih baik lagi.

Storyboard Mode, kita gunakan story board untuk memasukan video/clip dan menyusunnya


Timeline View, Pada tampilan timeline view video/clip akan ditampilkan secara linear. Track juga akan terlihat
CM] COS] I s ■--------- * b \ m Q     I S ^ A t*
:01:32:00               I .H 1 ¡4 II               ,00:01:36:00               ,00:01:38:00               ,00:01:40:00          r—i00:D1:42:00                                        ,0
i%______________ I___________ LJ________ I__________ I_______ J________ I__________ I__________ I___________ I_______ 3d_________ _J____________ L
Video, Musik, Voice, Overlay video dan title akan dimasukan sesuai dengan track yang disediakan.

Audio View, dalam view ini yang kita edit adalah audio. Untuk memotong, membuat fade in/out mengatur volume dan sebagainya

Secara garis besar ada 7 langkah dalam menggunakan Ulead VideoStudio, di mana tiap langkah mewakili dari tiap tombol yaitu

1. Capture Step
langkah ini kita lakukan untuk merekam langsung dari handycam ke dalam hardisk komputer, diperlukan firewire sebagai koneksi antara handycam dan komputer.

2. Edit Step
Pada langkah Edit inilah kita mengedit video, memotong, menggabungkan, menambahi musik dan text.

3. Effect Step
Di Langkah Effeck ini kita menambahkan transisi antara dua video yang kita gabungkan.

4. Overlay Step
Pada langkah ini kita bisa menggabungkan dua buah video dalam satu layar.
5. Tittle Step

Sebuah video tidak akan lengkap tanpa adanya teks. Dilangkah inilah kita bisa menambahkan tulisan ke dalam video yang sedang kita edit.

6. Audio Step
Menambahkan audio merupakan hal yang sangat di perlukan dalam mengedit video. Baik suara dari musik atau suara kita yang kita rekam sendiri.

7. Share Step
Pada langkah inilah kita merender atau mengexport editing kita dalam sebuah media baik berupa file maupun CD/DVD.
Langkah/Step: Capture


Untuk memulai proyek mengedit Mengcapture dan Edit video, langkah pertama adalah mengcapture video atau memindahkan video dari tape/cassete kedalam bentuk digital. Jika f i l e udah ada dalam hardisk lewati langkah ini. Untuk memulai mengcapture Klik pada tombol capture.
Capture Video, pilih option ini untuk mengcapture langsung dari handycam, dengan catatan koneksi handycam dengan komputer sudah terpasang, baik menggunakan Firewire maupun analog.



LANGKAH SELANJUTNYA
Import DVD, untuk mengimport dari keping DVD. Untuk mengconvert dari DVD menjadi VCD format lain bisa menggunakan langkah ini. Inmport dari DVD kemudian edit dan di bakar dalam bentuk VCD.
Import From Mobile Device, Mengambil file dari media card. Bisa dari flash disk, cemara pocket atau bahkan dari handphone.

Duration : Lama capture yang sudah kita lakukan.
Source : Sumber alat, apakah dari handycam atau dari alat lain. Jika koneksi antara handycam dengan komputer lancar maka akan tampil pada source. Source tidak hanya berupa handycam. Dari web cam atau tv turnerjuga bisa kita gunakan sebagai sumber.

Format: Format file hasil capture yang kita lakukan. Untuk mebuat film vcd kita bisa pilih format vcd atau mpegl untuk membuat file dvd kita bisa memilih format dvd atau mpeg2 sedangkan kalo kita ingin mengolah file dengan hasil yang maksimal kita bisa memilih format dv. Jenis format juga tergantung dengan alat atau kamera yang kita gunakan. Jika kita menggunakan kamera handycam yang masih menggunakan video 8 sebaiknya kita capture menggunakan format vcd atau mpeg sedangkan kalo kita mengcapture dari kamera yang sudah menggunakan Mini DV bisa capture dengan format dvd atau dv. Jenis file format juga mempengaruhi ukuran dari file movie hasil capture. Sebagai ilustrasi untuk l jam capture menggunakan file vcd/mpeg

LALU
ukurannya sekitar 600-700 MB, sedangkan dengan menggunakan format DVD atau DV bisa sampai 8 - 10 GB. Sedangakan untuk type DV AVI dibutuhkan sekitar 13 - 15 GB.
Split By Scene, jika option ini diaktifkan video yang kita capture akan tersimpan dalam file-file tersendiri berdasarkan scene atau tanggal dan waktu video dibuat.

Option, setingan tambahan

^ Options
Capture Options...
Video and Audio Capture Property Settings...


Capture folder : folder tempat file movie hasil capture berada, pilih folder di drive yang masih banyak space kosongnya.
Enable Audio Preview, Tombol ini untuk mengaktifkan/menonaktifkan preview audio dari video yang sedang kita transfer. On atau off nya preview tidak mempengaruhi hasil capture.
Setelah semua sudah di setting sesuai kebutuhan, kita bisa mengklik tombol capture video

Lamannya transfer dari handycam adalah real time, artinya jika panjang Cassete video adalah satu jam maka waktu untuk mentransfer juga satu jam.
Jika kita menganggap proses capture sudah selesai, klik tombol stop capture. Otomatis file hasil capture sudah ada di gallery.
Langkah/Step 2 Edit
Setelah kita selesai mengcapture video, 
langkah selanjutnya adalah mengedit video. Klik pada Toolbar Edit.





LANGKAH SELANJUTNYA
Selain mengedit dari hasil capture, bisa juga kita ambil dari file yang sudah ada dalam hardisk. Gunakan tombol load video

Untuk memasukan kedalam media lain kedalam library klik pada pilihan media.


Video
Image
Audio
Color
Transition
Video Filter
Title
Decoration Flash Animation
Library Manager

LANGKAH SELANJUTNYA
Untuk memasukan clip yang ada di gallery ke drag dari gallery dan drop ke storyboad

Masukan video atau beberapa video yang di inginkan
storyboad
Video Option
Setiap video mempunyai option yang bisa kita rubah seperti kecepatan, warna dan lain-lain.

Reverse Video, untuk memainkan video dari belakang
Rotate, untuk merotate video 90 derajat searah jarum jam atau sebaliknya

Color correction, untuk mengatur contras, hue dan sebagainya
Playback Speed, di gunakan untuk mensetting cepat/lambatnya kecepatan klip
Save as still Image, digunakan untuk menyimpan klip sebagai image/gambar
Split By Scene,. Jika pada saat mentransfer video fasilitas Split By Scene tidak diaktifkan, kita bisa memotong video secara otomatis menggunakan fasilitas split by scene yang ada di langkah Edit. Fasilitas ini otomatis akan memotong-motong video menjadi ukuran yang kecil-kecil sesuai dengan scene yang ada. Scene tercipta pada saat kita mempause ketika sedang merekam.
Multi Trim Video, untuk memotong video atau menghilangkan bagian tertentu
Attribut Video

LANGKAH SELANJUTNYA


Sebuah video/Clip bisa kita beri filter sehingga bisa menimbulkan efeck pada clip. Misalnya untuk member effeck video tua atau efeck hujan dan sebagainya. Untuk member effeck klik pada clip yang akan diberi efek kemudia klik pada attribute. Drag video filter yang diinginkan drop pada clip atau video filter.
Memotong Video
Untuk memotong sebuah video, arahkan Jog Slide ke bagian yang akan di potong kemudian klik tombol CUT.
AL Geser jog sesui bagian yang akan di potong | [~Seteiah itu tekan tombol CUT \^-^^"^


Untuk menghapus klip video dari storyboard maupun timeline view, klik pada klip yang akan kita hapus kemudian klik tombol del di keyboard. SEKIAN TERIMA KASIH SEMOGA SUKSES

SHARE :
CB Blogger

Post a Comment

Belajar video editing

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Copyright © 2014 Cara Belajar Editing Video. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Template by Creating Website and CB Blogger